Home » » Cara Mengatasi Sound Card pada PC/Laptop yang tidak Mengeluarkan Suara

Cara Mengatasi Sound Card pada PC/Laptop yang tidak Mengeluarkan Suara



Cara Mengatasi Sound Card pada PC/Laptop yang tidak Mengeluarkan Suara
Halo kawan – kawan, kembali lagi di blog saya. Oke, langsung aja, kali ini saya akan share seputar Cara Mengatasi Sound Card pada PC/Laptop yang tidak Mengeluarkan Suara. Pernahkah kalian saat ini mengalami komputer(PC)/laptop tidak mengeluarkan suara/sound? Komputer yang tadinya bisa mengeluarkan suara, tiba - tiba tidak mengeluarkan suara? Ya, hal ini memang sangat menyebalkan karena kalian tidak bisa mendengarkan musik, tidak bisa mendengarkan suara dari video maupun film, dan berbagai hal lain yang memerlukan sound menjadi terganggu. Jika hal ini terjadi, kalian bisa mencoba tips dari saya ini, kalian jangan langsung membawanya ke tempat servis. Untuk mengatasi masalah komputer seperti ini sebenarnya cukup mudah jika kalian tahu caranya.
Cara Mengatasi Sound Card pada PC/Laptop yang tidak Mengeluarkan Suara
Berikut ini adalah langkah - langkah yang harus kalian lakukan untuk Mengatasi Sound Card Komputer Tidak Mengeluarkan Suara :
Periksa Komputer
Langkah pertama, pastikan Komputer(PC)/Laptop kalian memiliki Sound Card, baik on board (bawaan Mainboard) maupun add on (external/tambahan). Karena tanpa Sound Card tentu saja Komputer(PC)/Laptop tidak akan bisa berbunyi atau mengeluarkan suara. Jika kalian memakai Sound Card jenis add on, pastikan hardware Sound Card yang kalian pasang, terpasang dengan baik dan benar.
Periksa Device Manager
Langkah berikutnya, kalian lakukan pengecekan pada Device Manager. Device Manager adalah fitur bawaan dari Windows yang dapat digunakan untuk melihat informasi Driver dari semua hardware yang terinstal di Komputer. Hardware yang sudah terinstal dan belum terinstal bisa kalian lihat di sini. Lalu, bagaimana cara mengeceknya? Langkah nya mudah, cukup lakukan klik kanan pada My Computer. Kemudian pilih Properties. Kemudian lihat menu disebelah kiri, klik Device Manager.
Setelah itu, kalian akan melihat informasi tentang hardware yang terpasang pada perangkat kalian. Jika Driver Audio/Sound belum terinstal, biasanya akan muncul tanda tanya berwarna kuning pada Hardware tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, kalian cukup menginstal Driver dari Sound Card. Tentu saja Driver Audio/Sound Card tersebut harus yang sesuai dengan Sound Card atau Audio Card yang kalian miliki. Jika kalian menggunakan Sound Card on board (bawaan mainboard), kalian tinggal mencari CD Driver Mobo/Mainboardnya. Di sana kalian akan menemukan Drivernya lengkap. Jika Driver sudah terinstal, maka akan muncul nama Driver tersebut misalnya Realtek High Definition Audio.
Sekarang Driver Audio sudah berhasil di instal di komputer, tetapi kenapa Komputer masih belum mengeluarkan suara? Tenang, kalian tidak perlu panik. Coba periksa di sebelah kanan taskbar kalian apakah sudah ada ikon Audio berbentuk Speaker atau belum. Jika sudah ada, kalian bisa mencoba membuka Volume Mixer Audio tersebut. Pastikan Speaker tidak  dalam keadaan Disable. Setelah Speaker aktif, maka kalian bisa menaikkan Volume tersebut dan coba kalian cek apakah Komputer kalian sudah kembali mengeluarkan suara lagi atau belum.
Demikian beberapa tips mudah untuk mengatasi Cara Mengatasi Sound Card pada PC/Laptop yang tidak Mengeluarkan Suara. Dengan cara tersebut, kalian bisa menikmati kembali lagu – lagu favorit kalian, melihat TV online, dan melihat video  favorit kalian dengan . Tetapi, jika cara di atas belum mampu menyelesaikan masalah pada Komputer kalian, maka sebaiknya kalian membawanya ke tempat servis Komputer karena mungkin saja Komputer yang tidak mengeluarkan Suara mengalami masalah pada Sound Card, bukan pada pengaturan Drivernya.
Semoga tips di atas bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah.
Tags : #Komputer #Driver #SoundCard #DriverSoundCard #Suara #PC #Laptop #CaraMengatasiSoundCardpadaLaptop #CaraMengatasiDriverSoundCardpadaKomputer/PC #FixSoundCardNotWorking #InstallDriverSoundCard #Audio #DriverAudio #Speaker #Computer #DeviceManager #FixDriverSoundCardAddOn #FixDriverSoundCardMainboard #InstallDriverAudioCard #RealtekHighDefinitionAudioFixDriver #CantPalyMusic/Audio

2 komentar:

  1. bang thenks pengetaahuannya , tpi di cni gak di jelaskan untuk memperbaiki sound card on board yg rusak ???

    curhat dikit bang , ada sidikir prablem , kbetulan ada masalah ttg sound juga , jadi sllu kluar nitifikasi trus dari soundnya , padahal tidak saya colok atau cabut itu colokan headset atau speaker, itu kanapa ya bang , trus klo saya colok speaker atau headset pasti aja harus di goyang dlu nunggu pas ampe suara kerenyek nya hilang ,

    kasih penyerahan bang ???

    BalasHapus

 
Support : Blog Teknologi dan Komputer Copyright © 2013. Pisisuka - All Rights Reserved
Template Created by Mahendra Rama D P Proudly powered by Blogger